Mendeteksi Ciri-Ciri Mioma Uteri Yang Belum Anda Ketahui

Mendeteksi Ciri-Ciri Mioma Uteri Yang Belum Anda Ketahui
Posted on: November 28, 2019 Posted by: Tyler Cole Comments: 0

Mendeteksi Ciri-Ciri Mioma Uteri Yang Belum Anda Ketahui

Mioma Uteri

sumber gambar: hellosehat.com

Mioma atau mioma uteri atau uterine fibroid merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam wanita sebab berdampak pada seseorang menjadi susah hamil. Hal ini karena adanya tumor jinak yang berkembang di dinding rahim, entah itu diluar atau di bagian dalam. Sayangnya kebanyakan ciri-ciri mioma uteri umumnya sulit dideteksi sebab tidak dirasakan oleh penderita. Dokter dapat mendeteksinya setelah melakukan pemeriksaan USG prenatal atau pemeriksaan panggul. Akan tetapi jika seiring berjalannya waktu, mioma uteri akan terus berkembang sehingga jumlah, ukuran, dan lokasinya dapat meningkat. Alhasil akan mudah dirasakan gejalanya. Sejauh ini, penyakit ini cukup populer dikalangan wanita, sebab menyerang kurang lebih 20% wanita subur. Dikutip dari artikel honestdocs.id, wanita yang memiliki ciri obesitas, belum pernah melahirkan, dan memiliki usia lebih dari 30 tahun berpeluang besar terkena penyakit ini. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri yang biasanya terjadi pada penderita, meliputi:

  1. Nyeri Yang Ada di Panggul dan Perut

Sebuah fakta menyebutkan bahwa mioma ternyata dapat menciptakan gerakan tertentu, seperti mengubah posisi atau berputar. Mioma dapat melakukan itu karena mempunyai tangkai yang dapat mengaitkannya dengan dinding rahim. Tak menutup kemungkinan bahwa tangkai penghubung yang dimiliki mioma dapat terpelintir sehingga aliran darah menuju mioma akan terhambat. Pertumbuhan fibroid juga menimbulkan nyeri perut di bagian bawah. Bahkan perut akan membesar yang kadang disalahartikan sebagai akibat dari kehamilan atau berat badan meningkat.

  1. Sakit Ketika Melakukan Hubungan Intim

Seperti yang kita tahu bahwa apabila mioma membesar akan membuat rahim tertekan. Akibatnya ketika pasangan suami istri melakukan hubungan intim akan menyebabkan rahim berkontrasi dan timbul rasa sakit. Apabila ini benar terjadi akan membuat perdarahan hebat bagi kaum wanita. 

  1. Masalah Pada Siklus Haid

Adanya mioma ternyata dapat mengganggu siklus menstruasi seseorang. Siklus menstruasi itu bisa berupa masalah kuantitas perdarahan haid yang lebih banyak dan merasakan nyeri hebat selama siklus menstruasi berlangsung. Atau masalah lain berupa durasi haid yang lebih panjang (bisa lebih dari satu pekan). Apabila durasi haid yang panjang tidak segera diatasi maka akan menimbulkan resiko lain. Pasien akan mengalami anemia setelah sel darah merah berkurang. Bahkan jika mempunyai jumlah Hb yang sangan sedikit terpaksa pasien harus melakukan transfusi darah dan perawatan. 

  1. Mudah Buang Air Kecil dan Sulit Buang Air Besar

Bersumber dari sehatq.com, kandung kemih akan tertekan apabila ukuran miomnya menjadi lebih besar. Maka dari itu penderita akan mengalami gangguan pada kandung kemihnya berupa terjadi peningkatan intensitas buang air kecil. Selain itu, adanya miom juga berperan terhadap usus besar yang tertekan. Akibatnya penderita akan kesulitan untuk buang air besar atau lebih sering disebut sebagai konstipasi.

Selain ciri-ciri mioma uteri di atas, pasien juga berpeluang merasakan perut mengencang, nyeri pada kaki dan punggung. infertilitas, spotting atau flek setelah dan sebelum menstruasi, persalinan prematur, perut bagian bawah membuncit seperti orang hamil, abrupsio plasenta, penyumbatan ginjal bersama ureter (jarang), dan terjadinya perdarahan di luar siklus haid. Jika anda mengalami salah satu atau beberapa ciri di atas maka datanglah ke dokter kandungan dan konsultasikan. Sebab berat ringannya ciri-ciri yang ditimbulkan tergantung pada lokasi tumbuh kembangnya fibroid didalam rahim, jumlah, dan ukurannya. Walaupun mioma tergolong dalam tumor jinak (non-kanker) yang dapat menghilang dengan sendirinya setelah menopause tapi jangan sampai anda menyepelekannya. Sebab jika anda lalai akan menimbulkan komplikasi, seperti timbul gangguan kehamilan bahkan menurunkan peluang kehamilan seseorang.

Apabila anda ingin mencegah timbulnya ciri-ciri mioma uteri, anda dapat melakukan beberapa cara sesuai laman halodoc.com, yaitu membiasakan pola hidup sehat, menjauhi rokok, dan berolahraga secara teratur.